CONDITION MONITORING

Tersedia alat pemantauan kondisi mesin dari vibrasi dasar dan vibrasi grafik, kecepatan, temperatur, suara, visual, sampai arus listrik.

SKF BASIC CONDITION MONITORING PRODUCTS

Penting untuk memaksimalkan masa pakai bearing dan mengoptimalkan kinerja mesin.

 

Untuk membantu memastikan panjang umur pelayanan bearing, sangat penting untuk menentukan kondisi mesin dan bearing saat beroperasi. Pemeliharaan prediktif yang baik akan membantu mengurangi downtime mesin dan mengurangi biaya pemeliharaan secara keseluruhan.

Untuk membantu Anda mencapai tujuan ini, SKF telah mengembangkan berbagai alat-alat untuk menganalisis kondisi lingkungan yang kritis yang berdampak pada kinerja bearing dan mesin. Dengan harga condition monitoring SKF yang terbaik, Produk pemantauan kondisi berikut adalah alat pemantauan penting yang tidak ada di pabrik industri.

condition monitoring

condition monitoring temperature

Sejak usia dini industri, operator dan teknisi tahu bahwa suhu tidak normal sering menunjukkan bahwa ada sesuatu salah dengan mesin. Dalam strategi predictive maintenance SKF, langkah ini dikenal sebagai condition monitoring temperature. Istrumen seperti laser thermometer maupun kamera thermal dapat memberitahu apakah mesin kita sedang beroperasi dengan temperatur tinggi dan dimana titik panasnya. Setelah mendapatkan informasi tersebut, maka tim perawatan dapat mengambil langkah proaktif untuk mencari penyebab masalah tersebut.

    CONDITION MONITORING Speed

    Mesin biasanya dirancang untuk berjalan pada kecepatan tertentu. Jika kecepatan terlalu lambat ataupun terlalu cepat, maka kemungkinan besar mesin sedang mengalamai suatu kendala. Dalam strategi predictive maintenance SKF, langkah ini dikenal sebagai condition monitoring speed/kecepatan. Dengan menggunakan tachometer SKF, maka tim perawatan dapat senantiasa memonitor kecepatan suatu mesin sedang berjalan.

    CONDITION MONITORING visual

    Inspeksi visual dari kondisi mesin sangatlah sulit ketika mesin sedang berjalan ataupun mesin rumit untuk dibongkar. Dalam strategi predictive maintenance SKF, langkah ini dikenal sebagai condition monitoring visual.

    Dengan menggunakan Stroboscope, tim perawatan dapat secara visual membekukan gerakan mesin untuk memeriksa kondisi baling kipas, kopling dan sabuk drive walaupun mesin sedang berjalan. Selain itu, ketika tim perawatan perlu mengecek bagian internal mesin, maka sangatlah sulit juga tanpa membongkar mesinnya. Solusinya adalah dengan menggunakan alat Endoscopy yang dapat meluncur melalui celah kecil untuk mengakses bagian internal mesin – alhasil menghemat waktu dalam pembongkaran.

    CONDITION MONITORING Sound

    Suara – suara tidak normal dari mesin sering menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah. Dalam strategi predictive maintenance SKF, langkah ini dikenal sebagai condition monitoring sound.

    Stetoskop dapat digunakan untuk membantu menentukan sumber suara dan dapat membantu teknisi dalam mengidentifikasi masalah. Kebocoran dalam sistem udara terkompresi tergolong mahal, tidak hanya dari segi biaya energi tetapi juga karena biaya tambahan pemeliharaan kompresor udara. Detektor kebocoran ultrasonic dapat membantu mendeteksi kebocoran secara efisien dan mudah digunakan, memungkinkan tindakan korektif yang akan diambil. Kebisingan yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan pekerja, peningkatan kecelakaan dan kehilangan pendengaran.

    CONDITION MONITORING Electrical Discharge currents

    Kebocoran arus listrik terjadi ketika arus listrik dari poros motor bocor dan mengalir lewat bearing ke bumi – menyebabkan terjadinya erosi listrik yang merusak pelumas dan mempercepat kegagalan bearing. Alhasil, sangatlah penting untuk senantiasa untuk memerika tidak terjadi kebocoran arus listrik motor. Dalam strategi predictive maintenance SKF, langkah ini dikenal sebagai condition monitoring electric current discharge. SKF menyediakan alat genggam pendeteksi kebocoran arus listrik yang dapat digunakan dengan mudah oleh tim perawatan.

    CONDITION MONITORING vibration

    Getaran yang tidak normal seringkali merupakan indikasi pertama dari kegagalan potensial mesin. Getaran ini dapat disebabkan oleh kondisi seperti unbalance, misalignment, longgarnya bagian elemen rolling bearing dan kerusakan gear. Condition Monitoring Vibration adalah langkah dari strategi perawatan SKF yang menggunakan instrumen analisis getaran untuk mencari tahu penyebab getaran. Sistem dari SKF yang dapat membantu mendeteksi banyak masalah serius pada tahap awal, sehingga tim perawatan dapat mengambil tindakan proaktif agar menghindari kerusakan tidak terencana.

    Kogelahar sebagai distributor resmi SKF dengan lisensi Certified Maintenance Partner (CMP) tidak hanya jual SKF Quick Collect ataupun jual SKF Enlight, tapi juga dapat memberikan pelayanan after sales services yang terbaik.

    CONDITION MONITORING lubricant condition

    Untuk menjaga kondisi optimum elemen rolling bearing, adalah penting bahwa pelumas dalam kondisi baik. Memeriksa kondisi oil atau grease menggunakan peralatan SKF Condition Monitoring Lubricant Condition secara berkala dapat mengurangi downtime dan sangat memperpanjang umur elemen rolling bearing.

    Contact Us

    Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut seputar pengetahuan produk - produk SKF di : (061)6620-616/7 (Office),
    085261124557 (Whatsapp Only), atau Email kami di
    kimedan@kogelahar.com 

    6 + 11 =

    Our Company

    PT. Kogelahar Indonusa

    Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
    Medan 20238
    Telp. : +62 61 6620616/617
    Fax. : +62 61 6620605
    WhatsApp : +62 852 6112 4557
    E-mail : kimedan@kogelahar.com

    PT. Kogelahar Riau

    Jl. Soekarno Hatta No.37, Bandar Raya, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28292
    Telp/Fax. : +62 761 8660284
    WhatsApp. : +62 812 6144 8898
    E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

    PT. Kogelahar Borneo

    Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
    Pontianak 78122
    Telp. : +62 561 574948
    Fax. : +62 561 574947
    E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com

    Message Us on WhatsApp