Mengapa bearing anda perlu di lubrikasi ? (Part 3)

Kembali lagi bersama kami di “Kogelahar News” yang akan selalu hadir untuk memberikan informasi – informasi berguna seputar dunia industri. Di dua artikel sebelumnya yaitu “Mengapa bearing anda perlu di lubrikasi ? (part 1 &2),” Kami sudah memberikan informasi mengenai Pentingnya Pelumasan dan Konsep Lubrikasi yang Tepat, maka di artikel selanjutnya kali ini Kogelahar akan memberikan informasi mengenai Manajemen Lubrikasi.

Konsep Manajemen Lubrikasi

Manajement Lubrikasi adalah sebuah program pelaksanaan pelumasan untuk memastikan agar bearing-bearing anda terlumasi dengan pelumas yang cocok, kuantitas yang akurat, pada frekuensi yange sesuai, dengan metode yang benar, dan pada titik yang tepat. Selain itu, manajemen lubrikasi juga memerhatikan cara penyimpanan dan penanganan pelumas yang tepat, menjaga kebersihan pelumas dan alat-alat pelumas, dan label-label titik pelumasan.

Maka dari itu, langkah pertama untuk Manajemen Lubrikasi adalah untuk membuat dan membakukan Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat agar pelumasan pada mesin-mesin dapat terkontrol dan juga dioptimalkan.

Faktor yang perlu diperhatikan dalam membakukan SOP untuk Pelumasan:

  1. Tipe Grease
  2. Kuantitas
  3. Frekuensi
  4. Metode (Manual, Otomatis)
  5. Titik Lubrikasi

Catatan: Untuk perincian factor tersebut, dapat dilihat di artikel kami yang sebelumnya: Klik Disini

Contoh manajemen pelumasan yang tidak terkontrol:

Gambar: Akibat penanganan yang buruk, alhasil pelumas menjadi terkontaminasi dengan kotoran dan tercampur dengan jenis pelumas yang lain.

Gambar: Peralatan dan penyimpanan pelumas yang terbengkalai yang rentan dengan kontaminasi

Gambar: Pelumasan yang berlebihan mengakibatkan keborosan pelumasan dan menurunkan umur pakai bearing.

Mengapa implementasi Manajemen Lubrikasi?

Pentingnya implementasi Manajemen Lubrikasi adalah sebagai berikut:

  1. Optimalkan penggunaan pelumas

Tujuan dari memperincikan tiap keperluan pelumasan untuk mesin anda adalah agar tidak terjadinya kelebihan pelumasan (Overgrease) ataupun kekurangan pelumasan (Undergrease). Jika sebuah bearing dilumasi berlebihan, maka efektifitas pelumas juga akan berkurang karena pelumasa tidak memiliki ruang yang cukup untuk bekerja and melepaskan hawa panasnya. Sedangkan jika sebuah bearing dilumasi kekurangan, maka bearing akan mengalami keausan yang tinggi dan bisa menyebab kerusakan bearing yang dini.

Lebih lagi, jika anda sudah memperincikan kebutuhan pelumas pada mesin anda, maka anda akan lebih gampang mengimplementasikan automatic lubricator(Lubrikasi Otomatis). 

Gambar : Grafik Perbandingan tingkat keausan antara

 sistem pelumasan otomatis dengan manual

2. Meningkatkan umur pakai bearing

      Berdasarkan survey global, diketahui adanya 4 (empat) faktor dominan yang mengakibatkan kerusakan pada bearing, yaitu:

     – Teknik pemasangan yang tidak tepat                          (16%)

     – Kelelahan material yang disebabkan oleh usia pakai     (34%)

     – Lubrikasi (pelumasan) yang tidak tepat                        (34%)

     – Kontaminasi pada pelumas                                         (14%)

 

50% kerusakan bearing berhubungan dengan kegagalan pelumasan, baik itu berupa:
– Pemilihan tipe pelumas yang tidak sesuai
– Frekuensi pelumasan yang tidak sesuai
– Kuantitas pelumasan yang tidak sesuai
– Kontaminasi pelumasan

Maka dengan penanganan lubrikasi yang tepat, kerusakan dini bearing dapat dihindari sampai 50%. Alhasil, tidak akan terjadi kerusakan yang tiba-tiba yang akan mengakibatkan produksi pabrik terganggu.

3. Informasi dan peralatan lubrikasi yang baku

Informasi lubrikasi pada mesin-mesin anda sangatlah penting untuk terdatakan agar ketika ada pergantian personil pelumasan, rencana kerja pelumasan akan dapat terjalani tanpa ada hambatan dari segi peralatan maupun informasi.

Selain itu, jika semua mesin sudah terdatakan keperluan pelumasan, maka ketika kinerja dan effisiensi pabrik mau ditingkatkan lagi, sistem otomatis pelumasan akan dapat terlaksanakan dengan lancar karena data pelumasan sudah tersedia dengan baik dan rapi.

SKF Lubrication Planner (Perencanaan Pelumasan)

Umumnya pada satu pabrik terdapat lebih dari 100 buah mesin. Tanpa adanya sistem pengontrolan yang rapi dan baik, ada kalanya sebagian mesin kritikal lalai dilumasi dan mengakibatkan kerusakan dini.

Untuk memastikan setiap mesin terlumasi sesuai dengan jadwal, SKF menyediakan software SKF Lubrication Planner yang dapat membantu menentukan jadwal pelumasan setiap mesin. Software tersebut mampu membuat rencana kerja dengan demikian personil pabrik dapat mengetahui mesin apa saja yang perlu dilumasi pada hari ini, atapun pada hari-hari berikutnya.

SKF Lubrication Planner telah dikembangkan untuk membantu dalam administrasi rencana pelumasan, dengan demikian menjembatani kesenjangan antara kebutuhan untuk sebuah platform perangkat lunak dibanding administrasi oleh spreadsheet sederhana:

  • Mendirikan pemetaan pelumasan poin
  • Membuat sistem identifikasi kode warna
  • Mendapatkan saran ahli pada pilihan grease
  • Menghitung jumlah dan interval relubrikasi
  • Temukan manfaat rute perencanaan dinamis
  • Mendapatkan saran ahli di prosedur pelumasan terbaik
  • Menjaga riwayat tugas pelumasan dilakukan per poin

Software SKF Lubrication Planner bisa didownload disini

Proses implementasi Manajemen Lubrikasi

Kogelahar, selain Distributor Resmi SKF, juga telah disertifikasi sebagai SKF Certified Maintenance Partner (CMP) yang telah dibekali dengan pelatihan-pelatihan dari SKF agar dapat mengoptimalkan kinerja dan effisiensi pabrik. Dalam hal Majamen Lubrikasi, Kogelahar juga dapat membantu pelanggan kami dalam implementasi SKF Lubrication Management dari segi majemen, peralatan, pelatihan, dan pengkajian sistem dan proses.

Hal yang Kogelahar dapat membantu anda dalam implementasi:

  1. Mengkalkulasi pelumasan untuk mesin-mesin anda (Tipe pelumas, jumlah, frekuensi)
  2. Mempersiapkan dan memasukkan data ke dalam SKF Lubrication Planner
  3. Memaparkan dan melatih personil untuk pelaksaan pelumasan rutin
  4. Membekalikan personil pelumasan dengan alat-alat SKF

Contoh hasil implementasi Lubrication Management dari Kogelahar:

Gambar: (Kiri) Penataan dan persiapan pelumas dan alat-alat pendukung. (Kanan) Database dan Pekerjaan Pelumasan pada SKF Lubrication Planner.

Gambar: (Kiri) SKF Grease Pump untuk mengisi pelumas langsung kedalam grease gun tanpa kontaminasi. (Kanan) SKF Grease Gun dilengkapi oleh SKF Grease Meter untuk melumasi mesin dengan bersih dan akurat

Gambar: (Kiri) Contoh pengisian pelumas dari SKF Grease Pump kedalam SKF Grease Gun. (Kanan) SKF Grease Gun membantu personil pelumas untuk mengisi sesuai dengan kebutuhan mesin.

Gambar: (Kiri) SKF Lubrication Tagging untuk memberi informasi yang tepat kepada personil pelumas akan tipe pelumas, jumlah, frekuensi, dan lokasi. (Kanan) Personil Kogelahar membantu pelanggan kami dalam mempersiapkan SKF Lubrication Tagging

Jika anda tertarik dalam implementasi SKF Lubrication Management bersama Kogelahar, segera hubungi kami di kimedan@kogelahar.com
Untuk mendapatkan lebih banyak lagi informasi seputar solusi SKF, pastikan anda terus mengikuti kelanjutan newsletter yang di berikan kogelahar untuk anda para customer setia kami.

Sebagai SKF Certified Maintenance Partner, Kogelahar tidak hanya sebagai distributor resmi SKF yang menjual produk SKF, namun juga memiliki lisensi untuk menyelesaikan permasalahan mesin anda, termasuk memberikan solusi untuk lubrikasi yang lebih baik.

Hubungi kami di (061) 662 0616/7 atau email di  kimedan@kogelahar.com  juga kunjungi website resmi kami di www.kogelahar.com

Our Company

PT. Kogelahar Indonusa

Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
Medan 20238
Telp. : +6261 6620616/617
Fax. : +6261 6620605
E-mail : kimedan@kogelahar.com

PT. Kogelahar Riau

Jl. Riau, Komp. Riau Bisnis Centre Blok D No. 1
Pekan Baru 28292
Telp. : +62761 864570/571
Fax. : +62761 864573
E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

PT. Kogelahar Borneo

Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
Pontianak 78122
Telp. : +62 561 574948
Fax. : +62 561 574947
E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com