Mengapa bearing anda perlu di lubrikasi ?

Sebelum kita mendapatkan solusi pelumasan yang baik dari SKF, tidak ada salahnya terlebih dahulu kita tahu pengertian dari lubrikasi itu sendiri apa?

LUBRIKASI adalah Sistem pelumasan atau pendinginan yang dilakukan pada mesin dan komponen – komponen didalamnya untuk menjaganya supaya tidak mengalami gesekan (friction) dan keausan (wear) sehingga selalu dalam kondisi yang prima. Pada berbagai jenis mesin dan peralatan yang sedang bergerak, akan terjadi peristiwa pergesekan antara logam.

Bearing adalah sebuah elemen mesin yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan. Bearing menjadi komponen penting pada berbagai desain mesin yang melibatkan poros (shaft) dengan casing atau bagian yang diam, seperti motor listrik, motor bakar, pompa, roda, dan lain sebagainya. Bearing menjadi titik pertemuan antara bagian mesin yang berputar dengan bagian yang diam. Ia juga bertugas untuk mentransmisikan beban yang ada pada poros untuk diteruskan ke sisi casing, atau bisa juga sebaliknya. Setiap bearing memiliki batas usia optimal yang bisa di kalkulasikan. Namun pada kenyataanya, tidak semua bearing mampu mencapai usia pakai optimal. Sebagian besar mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif singkat, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Gambar 1.1 Persentase penyebab terjadinya kerusakan dini pada bearing

Dari gambar di atas tampak persentase tertinggi yaitu sebesar 36 % untuk penyebab kerusakan pada bearing adalah pada pelumasan yang kurang tepat. Untuk itu pastikan anda mendapatkan informasi yang benar dalam hal pelumasan melalui SKF.

Gambar 1.2 Contoh Kerusakan pada Roller Bearing dan Cincing Bearing diakibatkan pelumasan yang tidak baik

Gambar 1.3 Secara umum, permukaan tampak mulai kelelahan,

konsekuensi dari asperities permukaan datang dalam kontaklangsung di bawah campuran atau batas kondisi pelumasan (gbr.6a).
Ketika beban dan gaya gesek diberikan mencapai besarnya, retak kecil terbentuk pada permukaan (gbr. 6b).Retakan ini kemudian dapat berkembang menjadi microspalls (gbr. 6c).

Karena fungsinya yang krusial, bearing membutuhkan perawatan yang baik sehingga didapatkan umur kerja yang panjang. Salah satu bentuk perawatan bearing yang utama adalah lubrikasi. Berikut adalah fungsi lubrikasi pada bearing:

Membentuk lapisan film lubrikasi diantara dua bidang kontak sehingga dapat membantu menahan beban kerja serta mencegah keausan dan kerusakan prematur.
Menyerap panas yang timbul.
Mencegah kontaminasi kotoran-kotoran yang berasal dari luar.
Menghindari suara bising.
Mencegah korosi pada bearing.
Sebagai sistem sealing tambahan.
Secara umum sistem pelumasan pada bearing dibagi menjadi tiga jenis, yakni menggunakan grease, menggunakan oli, dan tipe kering. Pemilihan diantara ketiganya tergantung atas kondisi operasional bearing, jenis dan ukuran bearing, konstruksi penggunaan bearing, kebutuhan sirkulasi pelumasnya serta biaya yang tersedia.

Grease Lubrication
Grease adalah zat lubricant yang berstruktur semi-solid. Grease dibuat dari minyak mineral atau juga nabati yang dicampur dengan zat pengental sejenis sabun. Terkadang ditambahkan pula dengan zat aditive seperti PTFE, grafit, dan molibdenum desulfit, untuk memperbaiki sifat-sifat pelumasnya.

Grease digunakan pada mekanisme bearing yang hanya membutuhkan sedikit lubrikasi, dimana tidak perlu menggunakan oli sebagai lubricant. Ia juga berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran-kotoran masuk ke bearing.

Oil Lubrication
Lubrikasi bearing yang menggunakan oli, dibutuhkan pada mesin-mesin dengan beban kerja tinggi. Sistem lubrikasi oli juga berfungsi untuk menyerap panas yang timbul pada area bearing akibat beban kerja yang tinggi. Selain itu, lubrikasi oli pada bearing juga digunakan pada mesin-mesin yang memang bekerja pada temperatur tinggi, seperti feed water pump pada water-steam cycle yang berfungsi memompa air bertemperatur tinggi dari tangki ke boiler.

Dry Lubrication
Sistem lubrikasi yang ketiga ini tidak melibatkan pelumas berbahan cair seperti grease dan oli, sistem ini menggunakan material padat yang dipasangkan langsung pada permukaan gesekan.

SKF memberikan solusi untuk lubrikasi yang lebih baik

SKF sebagai produsen bearing terbaik di dunia, tidak hanya menjual bearing dengan kualitas terbaik kepada konsumennya. Tetapi juga memberikan solusi untuk sistem pelumasan / lubrikasi yang baik, guna meminimalisasi terjadinya kerusakan dini pada bearing maupun komponen – komponen pada mesin lainnya. Maka dari itu kami tahu apa grease yang sesuai dengan kebutuhan anda, berapa banyak grease yang harus digunakan, seberapa sering, di mana, dan penggunaan alat yang benar untuk melumasi bearing anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami mengenai Lubrication Solutions untuk meningkatkan masa pakai pada bearing maupun komponen – komponen pada mesin anda agar menunjang kelancaran pengoperasian pabrik anda. Adapun solusi yang kami tawarkan yaitu :

1. Lubrication Manajement

2. Lubrication Trainning

3. Lubrication Manajement Tools and System

Sebagai SKF Certified Maintenance Partner, Kogelahar tidak hanya sebagai distributor resmi SKF yang menjual produk SKF, namun juga memiliki lisensi untuk menyelesaikan permasalahan mesin anda, termasuk memberikan solusi untuk lubrikasi yang lebih baik.

Ikuti terus update terbaru dari artikel ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan mengenai Lubrikasi yang baik dan tepat.

Apabila ada hal yang ingin di tanyakan mengenai produk – produk SKF jangan sungkan untuk Hubungi kami di (061) 662 0616/7 atau email di kimedan@kogelahar.com

juga kunjungi website resmi kami di www.kogelahar.com

Our Company

PT. Kogelahar Indonusa

Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
Medan 20238
Telp. : +6261 6620616/617
Fax. : +6261 6620605
E-mail : kimedan@kogelahar.com

PT. Kogelahar Riau

Jl. Soekarno Hatta No.37, Labuh Baru Barat, Kec.Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28291
Telp. : +62761 864570/571
Fax. : +62761 864573
E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

PT. Kogelahar Borneo

Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
Pontianak 78122
Telp. : +62 561 574948
Fax. : +62 561 574947
E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com

Message Us on WhatsApp