Root Cause Failure Analysis (Part 1)

Apa itu Root Cause Failure Analysis (RCFA)?

Secara terjemahan, Root Cause Failure Analysis (RCFA) adalah Analisa Akar Penyebab Kerusakan. Strategi RCFA adalah dimana pihak perawatan/mekanik mencari tahu akar permasalahan kerusakan agar umur pakai suatu suku cadang di suatu mesin dapat bertahan lebih lama.

Sering ditemukan pihak perawatan/mekanik terpatok pada sejarah perbaikan mesin atau pun penggantian suku cadang, dimana jika perbongkaran suku cadang adalah tiap 3 bulan, maka 3 bulan tersebut menjadi patokan umur pakai suku cadang. Di sisi strategi RCFA, waktu pergantian 3 bulan tersebut tidak diterima karena kita belum tahu apa yang menyebabkan kerusakan tersebut. Strategi RCFA ingin menelusuri lebih lanjutakan penyebab kerusakan 3 bulan tersebut dan mengambil tindakan agar umur pakai suku cadang dapat bertahan lebih dari 3 bulan.

Mengapa melakukan Root Cause Failure Analysis (RCFA)?

Perlu diingat bahwa ketika suatu suku cadang rusak, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa suku cadang lainnya yang di mesin yang sama dapat terimbas oleh kerusakan suku cadang pertama. Alhasil, jika suatu suku cadang dapat bertahan lebih lama, maka biaya pembelian suku cadang secara keseluruhan bisa menjadi lebih hemat.

Lebih lagi, pihak perawatan dan mekanik pun tidak perlu membuang waktu terlalu banyak berulang-ulang untuk melakukan pembongkaran, perbaikan, dan pemasangan mesin. Maka biaya perawatan mesin tidak boleh dilihat dari harga satu suku cadang saja, namun secara biaya keseluruhan – waktu, biaya lembur, keselamatan, dan lain-lainnya.

Mengetahui biaya total perawatan mesin

Untuk menghitung biaya total perawatan mesin (Total cost of ownership) tidak dianjurkan untuk melihat hanya dari sisi biaya suku cadang saja, namun seharusnya melihat juga sisi waktu produksi yang hilang, biaya suku cadang lainnya yang terimbas kerusakan, biaya lembur, resiko keselamatan, biaya energi, ketersediaan suku cadang, ketersediaan tenaga kerja dan lain-lainnya.

*Tabel masih belum termasuk biaya inventaris, pengiriman suku cadang, tenaga kerja

Biaya suku cadang memang terlihat kecil, namun ketika dilihat dari gambar besarTotal Cost of Ownership, maka akan diketahui bahwa kerusakan satu suku cadang akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar dari segi biaya, waktu, dan tenaga kerja. Disinilah menjadi alasan yang kuat untuk menggunakan suku cadang yang berkualitas didampingi dan didukung oleh perawatan yang baik dan strategi RCFA. 

Sebagai SKF Certified Maintenance Partner, Kogelahar tidak hanya sebagai distributor resmi produk SKF, namun juga memiliki lisensi untuk menyelesaikan permasalahan mesin anda, termasuk mengimplementasi strategi perawatan untuk mendapatkan umur pakai yang lebih maksimal.

Hubungi kami di  (061) 662 0616/7 (Office) dan 085261124557 (Whats App Only) atau email di  kimedan@kogelahar.com.

Nantikan artikel “Root Cause Failure Analysis (Part 2)” dimana Kogelahar akan membicarakan RCFA seputar bearing!

Our Company

PT. Kogelahar Indonusa

Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
Medan 20238
Telp. : +6261 6620616/617
Fax. : +6261 6620605
E-mail : kimedan@kogelahar.com

PT. Kogelahar Riau

Jl. Riau, Komp. Riau Bisnis Centre Blok D No. 1
Pekan Baru 28292
Telp. : +62761 864570/571
Fax. : +62761 864573
E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

PT. Kogelahar Borneo

Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
Pontianak 78122
Telp. : +62 561 574948
Fax. : +62 561 574947
E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com