Solusi SKF untuk Elektrik Motor

Dari berbagai kerusakan tak terduga yang terjadi dalam pabrik, tidak sedikit yang disebabkan oleh kegagalan pada mesin Elektrik Motor.

Survey mencatat sebanyak 40% kegagalan elektrik motor berasal dari bearing sehingga tidak mengherankan bahwa penggunaan bearing berkualitas tinggi sangat diperlukan untuk mendukung kehandalan Elektrik Motor.

PT. KOGELAHAR INDONUSA memahami tantangan yang dihadapi oleh pengoperasian Elektrik Motor. Alhasil, kami mampu menyediakan solusi yang lengkap untuk meningkatkan performa dari Elektrik Motor di perusahaan anda.

ROLLING BEARING DALAM ELEKTRIK MOTOR

Umumnya elektrik motor menggunakan DEEP GROOVE BALL BEARING ataupun CYLINDRICAL ROLLER BEARING. Fungsi dari bearing adalah untuk menopang rotor pada porosnya serta menjaga konsistensi celah udara (airgap) antara ROTOR dengan STATOR.

Untuk itu dibutuhkan bearing dengan tingkat kepresisian yang baik, mampu beroperasi pada putaran tinggi, serta memiliki friksi yang minim.

SKF memproduksi bearing berkualitas tinggi yang dapat diandalkan untuk mendukung kinerja dari Elektrik Motor.

BEARING INTERNAL CLEARANCE

Internal Clearance merupakan celah antara ROLLING ELEMENT (Mimis bearing) terhadap RACEWAY (Jalur mimis). Sangat penting untuk memilih bearing dengan tingkat clearance yang tepat agar:
– Menghindari terhimpitnya ROLLING ELEMENT BEARING akibat pemuaian dari SHAFT (As)
– Menjaga konsistensi AIRGAP (celah udara) antara ROTOR dengan STATOR

Untuk penggunaan DEEP GROOVE BALL BEARING pada elektrik motor, umumnya tingkat Internal Clearance yang tepat adalah C3.

Sementara untuk penggunaan bearing jenis lainnya (seperti : Cylindrical Roller Bearing), tingkat clearance C3 digunakan apabila putaran elektrik motor melampaui 70% dari REFERENCE SPEED bearing (note : reference speed pada masing-masing bearing dapat ditemukan di www.skf.com)

Contoh:
Reference Speed untuk Bearing NU 212 ECP adalah 6.700 RPM. 70% dari 6.700 RPM adalah 4.690 RPM. Dengan kata lain, apabila putaran elektrik motor melebihi 4.690 RPM, maka bearing NU 212 ECP memerlukan internal clearance C3.

ELEKTRIKAL EROSION PADA BEARING

Apabila arus listrik melewati bearing (mengalir melalui OUTER RING menuju INNER RING melalui ROLLING ELEMENT), hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada bearing. Kondisi ini dikenal dengan istilah ELEKTRIKAL EROSION (Bocor Arus).

Pada prinsipnya bearing tidak boleh dilewati oleh arus listrik karena akan mengakibatkan cacat pada RACEWAY (jalur mimis) bearing.

Pada elektrik motor, umumnya elektrikal erosion terjadi pada elektrik motor yang menggunakan VFD (Variable Frequency Drive). Adapun pola kerusakan bearing yang disebabkan oleh Elektrikal Erosion adalah seperti gambar berikut:

Untuk mengatasi kondisi demikian dibutuhkan INSULATING BEARING pada elektrik motor. Adapun OUTER RING pada INSULATING BEARING dilapisi secara khusus sehingga tidak menghantarkan arus listrik.

Informasi lebih lanjut perihal INSULATING BEARING, silahkan menghubungi kami melalui alamat email : kimedan@kogelahar.com

SKF Electrical Discharge Detector Pen TKED 1

SKF Electrical Discharge Detector TKED 1 merupakan instrumen yang mudah digunakan untuk mendeteksi ELEKTRIKAL ERROSION pada bearing.

PT. KOGELAHAR INDONUSA selaku SKF Certified Maintenance Partner, siap membantu anda untuk meningkatkan effisiensi pabrik dengan berbagai solusi SKF.
Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut di :
– Office (061) 6620616/7
– Mobile / WhatsApp 085261124557
– Email kimedan@kogelahar.com
– Website www.kogelahar.com

Our Company

PT. Kogelahar Indonusa

Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
Medan 20238
Telp. : +6261 6620616/617
Fax. : +6261 6620605
E-mail : kimedan@kogelahar.com

PT. Kogelahar Riau

Jl. Riau, Komp. Riau Bisnis Centre Blok D No. 1
Pekan Baru 28292
Telp. : +62761 864570/571
Fax. : +62761 864573
E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

PT. Kogelahar Borneo

Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
Pontianak 78122
Telp. : +62 561 574948
Fax. : +62 561 574947
E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com