Pabrik Kelapa Sawit – Lori rusak tiap 2 bulan?

Kegiatan Industri Kelapa Sawit Indonesia menjadi tulang punggung kebutuhan global minyak kelapa sawit dimana Indonesia mensuplai 50% dari kebutuhan tersebut. Dengan iklim bisnis yang semakin kompetitif, para pengusaha industri kelapa sawit selalu didorong untuk mengoptimalkan biaya operasional untuk produksi minyak kelapa sawit.

Gambar 1 – Penerimaan buah di Pabrik Kelapa Sawit.

Salah satu stasiun kritikal di pabrik kelapa sawit yang menggunakan horizontal sterilizer adalah stasiun lori. Stasiun lori yang menerima buah sawit mentah dari loading ram ataupun conveyor akan mendistribusi buah mentah tersebut ke tiap lori dan dibawa ke dalam horizontal sterilizer untuk disterilisasi. Selanjutnya lori tersebut akan menuangankan buah yang telah dimasak ke conveyor untuk dibawa ke stasiun pengolahan berikutnya

Gambar 2 – Lori yang diisi penuh dengan buah kelapa sawit, menunggu giliran masuk ke dalam Horizontal Sterilizer.

Operasional lori terlihat sangat sederhana, namun banyak tantangan yang menurunkan umur pakai suku cadang di roda lori tersebut:

1. Peneriman buah dari conveyor ke dalam lori mengakibatkan hentakan mendadak (Impact load) kepada bearing roda lori mengakibatkan rolling element bearing menjadi cepat hancur dan terjadi pergantian suku cadang

2. Pemasakan buah di sterilizer mempunyai tekanan tinggi dari uap air dan keasaman yang keluar dari buah mengakibatkan grease di bearing meleleh dan oil seal roda terbuka rusak

3. Ketika roda lori macet dan tidak berputar dengan baik karena rel atau pun roda lori yang aus, maka penarikan lori dengan tali sling mengakibatkan as lori menjadi bengkok dan aus dan tali sling putus

Gambar 3 – Roda dan housing lori aus karena tidak terawatt dengan baik.


Alhasil, banyak bearing yang di roda lori hanya bertahan rata-rata 2 – 4 bulan saja dan aktivitas pembongkaran dan perbaikan lori pun yang memakan banyak waktu dan biaya. Belum lagi, kerusakan lori akan membuat kegiatan produksi terganggu karena lori yang rusak perlu ditarik keluar dari rel stasiun dan dibawa kebengkel mekanik.

Gambar 4 – Lori yang mengalami kerusakan tiba-tiba akan mengganggu kegiatan produksi

Bekerja sama dengan SKF, PT. Kogelahar Indonusa menyajikan solusi SKF SP Bearing untuk memperpanjang usia pakai bearing pada aplikasi lori, mengoptimalkan biaya maintenance, dan mencegah kerusakan dan downtime tak terduga.

Dengan menggunakan solusi SKF SP Bearing, kelebihan yang didapati adalah :


1. Mampu mengakomodasi beban kerja tinggi, termasuk hentakan mendadak dari penerimaan buah sawit

2. Heat treatment khusus pada SKF SP Bearing mengizinkan suhu pengoperasian mencapai 300°Celcius.

3. Gaya gesekan (Friction) yang lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan bushing. Alhasil lori menjadi lebih ringan untuk didorong atau pun ditarik kabel sling

4. Housing yang dioptimalkan untuk mengakomodasi as, SKF SP Bearing dan seal

5. Seal khusus SKF yang mampu beroperasi pada temperature kerja tinggi & tahan terhadap kandungan asam dari buah sawit, serta tekanan uap dari sterilizer.

Tim engineer Kogelahar akan mendampingi pelanggan kami dalam proses modifikasi lori mereka dari langkah penggambaran teknik 2D, pemilihan bearing, modifikasi desain housing, pemasangan SKF SP Bearing, commissioning lori sampai pelatihan maintenance lori di lapangan.

Gambar 6 – Bekerja sama dengan mekanik pabrik, Engineer Kogelahar Indonusa mensupervisi proses perombakan desain housing.

Gambar 7 – Tim Engineer Kogelahar mengukur kesesuain ukuran housing untuk SKF SP Bearing

 


Pelanggan kami yang telah meng-implementasi penggunaan SKF SP Bearing, melaporkan bahwa usia pakai bearing dapat mencapai 18 – 24 bulan. Dengan demikian pelanggan kami mampu menghemat biaya operasional di lori dan meningkatkan produktivitas mereka.


Pelayanan PT. Kogelahar Indonusa selalu bertujuan untuk memberikan nilai tambah lebih bagi para pelanggan, baik berupa dampak secara langsung (berupa peningkatan usia pakai suku cadang). Maupun dampak tidak langsung (berupa operasional yang semakin lancer & bebas dari hambatan)

Sebagai SKF Certified Maintenance Partner, PT. Kogelahar tidak hanya menyediakan produk SKF yang asli dan terunggul, namun juga memiliki lisensi untuk melakukan konsultasi teknikal dan jasa teknikal seperti pemilihan suku cadang dan modifikasi desain lori yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengoperasian pabrik anda.

Hubungi kami sekarang juga di (061)6620-616/7 (Office), 085261124557 (Whatsapp Only), ataupun email di kimedan@kogelahar.com

Our Company

PT. Kogelahar Indonusa

Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
Medan 20238
Telp. : +6261 6620616/617
Fax. : +6261 6620605
E-mail : kimedan@kogelahar.com

PT. Kogelahar Riau

Jl. Riau, Komp. Riau Bisnis Centre Blok D No. 1
Pekan Baru 28292
Telp. : +62761 864570/571
Fax. : +62761 864573
E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

PT. Kogelahar Borneo

Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
Pontianak 78122
Telp. : +62 561 574948
Fax. : +62 561 574947
E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com