Solusi SKF untuk Pompa Industrial

Pompa merupakan mesin yang berfungsi untuk mendistribusikan material cair dengan memanfaatkan tekanan dan hisapan (Pressure & Suction). Dalam pabrik, pompa biasa digunakan untuk mendistribusikan berbagai jenis cairan seperti :
– Air
– Minyak
– Lumpur
– Gas
– Chemical
– Dan sebagainya

Untuk mendukung kelancaran produksi di suatu pabrik, pompa membutuhkan kehandalan yang tinggi baik dari segi: aliran, tekanan, maupun kinerja dari suku cadang didalamnya.

PT. KOGELAHAR INDONUSA memahami tantangan yang dihadapi pada pengoperasian Pompa Industrial. Alhasil, kami mampu menyediakan solusi yang lengkap untuk meningkatkan performa dari pompa di pabrik anda.

ROLLING BEARING DALAM POMPA INDUSTRIAL

Untuk mengoptimalkan kinerja pompa, sangatlah penting dalam memilih tipe bearing yang tepat pada pompanya. Umumnya bearing yang digunakan pada POMPA adalah DEEP GROOVE BALL BEARING dan ANGULAR CONTACT BALL BEARING.

Tahukan anda bahwa:

– DEEP GROOVE BALL BEARING adalah merupakan bearing untuk aplikasi umum, mampu mengakomodasi beban radial yang sedang dan beban aksial yang ringan. Tipe bearing ini lebih tepat digunakan pada pompa berukuran kecil.

– Sementara ANGULAR CONTACT BALL BEARING digunakan untuk menopang beban RADIAL & AKSIAL secara bersamaan. Dengan demikian, bearing ini lebih tepat digunakan pada pompa yang memiliki kinerja beban aksial yang tinggi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut perihal TYPE OF ROLLING BEARING, silahkan menghubungi kami melalui alamat email : kimedan@kogelahar.com

FITTING TOOL TMFT 36 UNTUK PEMASANGAN BEARING

Pemasangan bearing dengan metode yang tidak tepat (contohnya: dengan menggunakan pahat dan martil) berpotensi mengakibatkan cacat pada bearing sehingga usia pakai bearing menjadi tidak optimal.

Untuk pemasangan bearing pada pompa berukuran KECIL & SEDANG, SKF merekomendasikan teknik pemasangan dengan metode MECHANICAL namun dengan bantuan tools berupa SKF FITTING TOOL TMFT 36.

SKF FITTING TOOL TMFT 36 dapat digunakan untuk pemasangan bearing-bearing dengan ukuran diameter dalam antara 10 – 55 mm.
Informasi lebih lanjut perihal SKF FITTING TOOL TMFT 36, silahkan menghubungi kami melalui alamat email : kimedan@kogelahar.com

PRECISSION ALIGNMENT

Setelah bearing terpasang dengan baik, langkah berikutnya adalah memastikan kopling terhubung dengan sejajar (yang dikenal dengan istilah ALIGNMENT).

Coupling yang tidak terhubung secara sejajar (MISALIGNMENT) akan mengakibatkan beban kerja pada bearing yang bertambah serta mengakibatkan beberapa dampak negatif pada mesin seperti :
– Vibrasi tinggi
– Temperature mesin yang meningkat
– Keausan pada rumah bearing
– Dan sebagainya
Semua faktor tersebut juga akan berdampak terhadap usia pakai bearing menjadi sangat rendah.

SKF merekomendasikan proses ALIGNMENT dilakukan secara presisi dengan menggunakan SKF LASER ALIGNMENT TOOL TKSA 51.

Informasi lebih lanjut mengenai alignment mesin menggunakan LASER ALIGNMENT TOOL dapat ditemukan pada link : https://www.youtube.com/watch?v=cx10vvtlSVE

PT. KOGELAHAR INDONUSA selaku SKF Certified Maintenance Partner, siap membantu anda untuk meningkatkan effisiensi pabrik dengan berbagai solusi SKF.

Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut di :
– Office (061) 6620616/7
– Mobile / WhatsApp 085261124557
– Email kimedan@kogelahar.com
– Website www.kogelahar.com

Our Company

PT. Kogelahar Indonusa

Jl. G. Krakatau No. 6-6A-6B
Medan 20238
Telp. : +6261 6620616/617
Fax. : +6261 6620605
E-mail : kimedan@kogelahar.com

PT. Kogelahar Riau

Jl. Riau, Komp. Riau Bisnis Centre Blok D No. 1
Pekan Baru 28292
Telp. : +62761 864570/571
Fax. : +62761 864573
E-mail : kr_pekanbaru@kogelaharriau.com

PT. Kogelahar Borneo

Jl. Teuku Umar, Komplek Pontianak Mall Blok C No. 43-44
Pontianak 78122
Telp. : +62 561 574948
Fax. : +62 561 574947
E-mail : kb_pontianak@kogelaharborneo.com